Powered by Blogger.
RSS

Merawat Gaun Pesta




Cara Merawat Gaun Malam
 



Dikatakan Aryani, cara merawat gaun malam memang berbeda dengan gaun atau baju yang biasa dipakai sehari hari. Sebab, bahannya biasanya lebih halus dan berkualitas tinggi. ”Karena itulah, perlu perawatan khusus,” ujarnya. Berikut ini tips dari Aryani:

- Gantung

           
Gaun malam umumnya dibuat dari bahan kain polos. Karena bahannya yang lembut, sebaiknya menyimpan gaun ini dilakukan dengan cara menggantungnya menggunakan hanger. Hal ini dilakukan agar gaun tetap rapi dan siap dikenakan kembali.
Jika dilipat, akan timbul bekas lipatan pada permukaan gaun. Tapi, untuk bahan kain yang lentur seperti rajutan atau bahan jersey, sebaiknya tidak digantung karena justru membuat gaun tersebut melar dan rusak. ”Begitu juga dengan gaun yang banyak payet-payetnya seperti kebaya. Cara menyimpannya sebaiknya dilipat,” saran Aryani.
Hanger yang digunakan pun sebaiknya juga dipilih yang tepat, yaitu dari bahan yang lembut. Atau, jika hanger yang dimiliki berbahan keras, bisa diakali dengan melapisi dengan busa.


- Lepaskan Plastik seusai Dry Cleaning


            Setelah dry cleaning, sebaiknya segera lepas plastik pembungkusnya. Karena jika gaun terlalu lama berada dalam plastik, gaun akan lembab sehingga menyebabkan munculnya jamur. Sebagai gantinya, bungkus gaun malam dengan bahan dari kertas transparan yang memungkinkan adanya sirkulasi udara agar tidak lembab.


- Jangan Terlalu Lama Disimpan


            Terlalu lama menyimpan gaun di dalam lemari juga kurang baik. Hal ini bisa menyebabkan bau apek pada gaun. Setidaknya satu bulan sekali keluarkan gaun dan angin-anginkan.
            Atau jika perlu, beri pewangi pada lemari pakaian. Tapi memilih, pewangi ini juga harus hati-hati. Jangan sampai bau pewangi justru membuat bau yang tak sedap pada gaun malam tersebut.


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

2 comments:

Unknown said...

Artikel mudah untuk dipahami dan sangat bermanfaat.
Sambil baca artikel ini,oya mungkin ada kawan2 yang sedang cari kaos kaki wanita mampir saja kesini :) moga makin banyak penunjung blognya

Unknown said...

Salam kenal gan...
tips ini membantu sekali untuk merawat gaun dan kaos kaki wanita jadi lebih awet dan terlihat baru...
moga makin banyak pengunjung blognya...

Post a Comment